Wednesday, July 04, 2012

Buku-Buku Yang Membentuk Amerika

Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorliner (at) yahoo.com


Di Perpustakaan LIA Jakarta Timur.
Atau Perpustakaan Pusat Kebudayaan Amerika Serikat di Wisma Metropolitan 2 Jakarta.

Di tahun 1990-an saya menemukan buku karya Randy Shilts, And the Band Played On (1987), di antara rak-rak buku salah satu dari kedua perpustakaan tersebut.

Saya belum pernah meminjamnya. Tetapi saya ingat judulnya, sampai saya ketemu lagi dengan buku tersebut ketika dibahas oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya The Tipping Point : How Little Things Can Make a Big Difference (2000).

Bukunya Gladwell ini ketika membahas tiga kaidah epidemi, ia menyebut salah satu contoh dari cerita bukunya Randy Shilts itu. Tentang seorang pramugara sebuah maskapai penerbangan Prancis-Kanada, bernama Gaetan Dugas, yang mengaku telah berkencan dengan 2500 orang di seluruh Amerika Utara. Ia disebutkan terkait dengan setidaknya 40 kasus AIDS di California dan New York.

Tulis Gladwell, “Epidemi ini juga digerakan oleh upaya atau ulah segelintir orang saja. Dalam kasus ini, bukan selera seksual yang membuat orang-orang ini berbeda. Kelebihan mereka adalah dalam hal cara bergaul, semangat hidup, dan ketrampilan dalam memengaruhi orang lain.”

Bukunya Randy Shilts itu saya pergoki lagi, hari ini. Melalui twitnya pakar jurnalisme warga, Dan Gillmor (saya menjadi pengikut dirinya di : @dangillmor) , saya dirujuk untuk mengetahui betapa buku itu oleh Library of Congress didaulat sebagai satu dari 50 buku yang membentuk Amerika Serikat.

Silakan Anda cek disini.

Apakah ada buku yang pernah Anda baca juga ikut masuk dalam daftar tersebut ? Apa kira-kira isi daftar buku yang bermisi serupa untuk bangsa kita Indonesia ?

Wonogiri, 5/7/2012

1 comment:

  1. Wow, bukunya keren nih. Masukin wishlist aaah~

    ReplyDelete