Saturday, April 06, 2013

Pangeran Kecil, Krisandari dan Buku

Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorliner (at) yahoo.com



"Universitas Indonesia (UI) meresmikan
10 pohon raksasa African Baobab
di depan Perpustakaan Pusat Baru UI, Depok, Jawa Barat, Jumat 6 Mei 2011."

Potongan berita itu membuat saya langsung ingat buku Pangeran Kecil. Karya Antoine de Saint-Exupéry.

Anda tahu kaitannya ?


Apakah buku indah itu pernah melintas dan bersarang dalam kenangan atau justru menyatu hingga kini dalam hidup Anda ?

Miduk jelita. Saya membelinya tahun 1979. Atau 1980. Saat itu saya mengelola sanggar melukis anak-anak di depan kraton Surakarta. 


Juga membuat perpustakaan mini, sehingga anak-anak bisa membaca-baca buku sebelum kegiatan belajar melukis dimulai. Atau sesudahnya, saat mereka menunggu jemputan.

Saya membeli dua, terbitan Pustaka Jaya. Satu untuk diri sendiri dan satunya saya hadiahkan kepada Krisandari Yuningrum. Ini murid kesayangan, antara lain karena saya naksir berat Miduk, mbakyunya yang jelita.

Kedunguan orang dewasa. Krisandari, saat itu klas 5 atau 6 SD Mangkubumen 15, Solo. Saat itu ia merasa engga mudeng, tidak faham, dengan isi buku itu. Saya maklum, buku ini memang bersetting tentang anak-anak tetapi sebenarnya ditujukan untuk (menertawai kebodohan para) orang dewasa. Walau intinya adalah mengajarkan optimisme.

Krisandari, juga murid saya lainnya Anita, masih kirim-kiriman sms dengan saya, hingga kini. Entah karena pengaruh ajaran buku itu, atau karena saat-saat belajar melukis saat mereka masih anak-anak merupakan pengalaman yang menyenangkan, mereka belum melupakan guru :-) dan temannya berbagi cerita.

Hari ini, buku Pangeran Kecil genap usia 70 tahun.
Berapa juta orang dan hati di dunia ini telah tercerahkan olehnya ?
Anda, ini usul serius saya, harus pula membacanya.

Kutipan : "Karena hal terindah di dunia tidak terlihat oleh mata."


Wonogiri, 7 April 2013

4 comments:

  1. Mas Bambang Haryanto, saya bisa minta copyan versi Pustaka Jayanya ngak, soalnya udah saya cari kemana mana, ngak ketemu!
    Please kirimin ke email saya mas :
    ronykeintjem@gmail.com

    ReplyDelete
  2. sama! saya sudah menjelajahi toko buku, mencari di online store, buku ini tidak ada, kaau berkenan, mohon scanned copy dikirim ke email saya aldani_putri@ymail.com, saya akan sangat berterimakasih pak :)

    ReplyDelete
  3. Sama pak, aku udh jelajahin online store, toko buku smpai luar kota sudah tidak ada. Kalau boleh, saya mau scanned copy dikirim ke email mliszy@yahoo.co.id pak. Makasih

    ReplyDelete
  4. Klo berkenan saya jg mau pak, kirim ke dede.elin@gmail.com. Terima kasih pak.

    ReplyDelete